Luis Suarez Raih Golden Shoes Eropa

 
BandarVIP | Agen Judi Bola, Agen Sbobet - Striker FC Barcelona, Luis Suarez, dipastikan meraih Sepatu Emas Eropa berkat torehan 40 golnya di Divisi Primera La Liga, kompetis kasta teratas Liga Spanyol.

Suarez mengungguli Gonzalo Higuain yang menjadi pencetak gol terbanyak Serie A, kasta tertinggi Liga Italia, bersama Napoli dengan 36 gol serta rival abadinya dari Real Madrid, Cristiano Ronaldo (35 gol).

Sebenarnya, Zlatan Ibrahimovic mencetak lebih banyak gol, 38, bersama Paris Saint-Germain di Ligue 1. Namun, lantaran koefisien kasta teratas Liga Perancis cuma 1,5, perolehan poin Ibrahimovic "hanya" 57.

Divisi Primera, Serie A, Premier League (Inggris), Bundesliga 1 (Jerman), dan Divisi Primeira (Portugal) mempunyai koefisien pengali 2,0. Sejumlah liga lain seperti Ligue 1, Eredivisie (Belanda), dan Super Lig (Turki) punya koefisien pengali 1,5.

Pemenang Sepatu Emas Eropa ditentukan berdasarkan poin dari hasil pengalian antara jumlah gol dan koefisien pengali dari kualitas liga.

Harry Kane yang menjadi pencetak gol terbanyak Premier League musim ini berada di peringkat ke-9. Catatan 25 gol milik dia sama dengan milik penyerang Borussia Dortmund, Pierre Emerick Aubameyang.

Alhasil, Suarez berhak meraih Sepatu Emas Eropa dengan perolehan 80 poin. Di belakang dia berturut-turut adalah Higuain (72), Ronaldo (70), Jonas (Benfica, 62), dan Robert Lewandowski (Bayern Muenchen, 60).

"Saya ingin berterima kasih kepada rekan-rekan di tim ini yang telah membantu sehingga bisa meraih Sepatu Emas Eropa. Tanpa mereka, saya tak bisa meraih pencapaian ini," ucap Suarez.


EmoticonEmoticon